Teknik dan Strategi Pemasaran UKM yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha



Ketahui Teknik dan Strategi Pemasaran UKM Yang Efektif untuk Mengembangkan Usahamu

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Pemasaran dilakukan dengan tujuan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan angka penjualan. Hal ini bukan hanya berlaku untuk usaha kelas menengah ke atas, namun UKM juga wajib melakukannya untuk mempertahankan dan mengembangkan potensi usaha yang tersedia.

Jadi bagi Kamu yang tengah mencoba-coba untuk merintis suatu usaha, manfaatkanlah strategi pemasaran yang tepat agar perkembangan usaha yang Kamu jalani semakin optimal.

Pada dasarnya, strategi dan teknik pemasaran yang akan Kamu terapkan dalam suatu usaha sudah harus direncanakan sejak awal. Pastikanlah teknik yang akan Kamu coba sudah sesuai dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

Tujuannya supaya usaha berjalan mulus dan peluang yang diciptakan semakin besar. Dengan kata lain, profit usaha yang nantinya akan Kamu dapatkan akan terasa semakin memuaskan sesuai rencana. Karena itulah menerapkan teknik dan strategis pemasaran harus dilakukan secara maksimal sehingga memberikan hasil yang memuaskan.

Meskipun modal yang Kamu punya terbilang rendah dan kategori usaha yang Kamu jalani masih termasuk UKM atau Usaha Kecil Menengah, bukan berarti kesuksesan dalam berwirausaha tertutup begitu saja.

Dengan mengandalkan strategi pemasaran, pengelolaan usaha yang tepat dan sikap pantang menyerah, tentu saja semua target yang Kamu inginkan bisa segera terlaksana. Berikut ini beberapa teknik dan strategi pemasaran UKM paling efektif yang dapat Kamu coba terapkan dalam berwirausaha, diantaranya yaitu:

Media cetak

Pemasaran melalui media cetak seperti koran, majalah dan lain sebagainya merupakan salah satu cara terampuh yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan angka penjualan. Dalam mempromosikan usaha yang Kamu kembangkan melalui media cetak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Eksistensi koran dan majalah yang Kamu gunakan.
  • Tarif atau biaya pemasangan iklan.
  • Kalimat pemasaran yang tepat, menarik perhatian.
  • Iklan mencakup alamat atau kontak usaha yang jelas.
  • Perhitungan modal dan efektivitas peluang yang dihasilkan.

Apabila media cetak yang Kamu pilih adalah media yang terkenal dan laris dipasaran, tentu saja peluang usaha yang Kamu dapatkan akan semakin bertambah. Usaha yang Kamu jalani juga akan semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Peningkatan angka penjualan dan efek positif lainnya pun bisa Kamu dapatkan jika melakukan pemasaran secara langsung melalui media cetak.

Selebaran atau brosur

Membuat dan membagikan brosur adalah salah satu strategi pemasaran yang bisa Kamu lakukan secara langsung. Pembagian selembaran bisa dilakukan di tempat umum, pusat perbelanjaan atau tempat lainnya yang ramai didatangi pengunjung.

Dalam selembaran tersebut, pastikanlah pesan yang disampaikan tertera dengan jelas, menarik dan juga berkesan agar masyarakat tertarik terhadap produk ataupun usaha yang Kamu tawarkan. Jangan lupa sertakan kontak dan alamat usaha supaya calon pelanggan bisa menghubungi atau mendatangi tempat usaha Kamu dengan segera.

Media elektronik

Melakukan pemasaran usaha melalui media elektronik seperti radio dan televisi sangatlah efektif. Namun tentu saja modal yang dikeluarkan terbilang tinggi jika dibandingkan dengan media yang lain.

Akan tetapi, modal yang Kamu keluarkan sangatlah sebanding dengan efektivitas pemasaran yang Kamu lakukan karena semua orang lebih mudah mengenal produk dan usaha yang Kamu jalankan sehingga keuntungan yang didapatkanpun terasa lebih menjanjikan.

Media sosial

Selain mengandalkan strategi pemasaran lewat media cetak, elektronik dan brosur, Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha yang tengah dikembangkan.

Untuk melakukannya, Kamu hanya membutuhkan perangkat komputer atau smartphone yang dilengkapi akses internet untuk menjalankan semua media sosial yang Kamu punya. Cara ini sangatlah efektif dan menguntungkan, karena:

  • Hemat biaya.
  • Hemat waktu.
  • Hemat tenaga.

Berbagai macam media sosial bisa Kamu pilih sesuai keinginan. Dengan menyebarkan informasi seputar produk dan usaha yang Kamu punya melalui jejaring sosial, tentu saja peluang usaha yang Kamu punya semakin luas.

Usaha yang Kamu kembangkan semakin dikenal sebagai usaha yang terpercaya dan bisa diandalkan. Berbagai promo menarik yang Kamu adakan juga semakin cepat tersebar dan diketahui oleh banyak orang, baik yang dikenal maupun tidak.

Media online

Bukan hanya media sosial yang bisa Kamu pakai secara digital untuk memasarkan suatu usaha, namun berbagai media online lainnya juga bisa dimanfaatkan sebagai teknik pemasaran yang tepat. Beberapa cara memanfaatkan media online diantaranya yaitu:

Membuat blog atau situs khusus UKM yang Kamu kelola.
Berlangganan iklan digital untuk menarik pelanggan.
Memanfaatkan aplikasi chatting untuk memasarkan produk.

Manfaatkan relasi

Selain beberapa cara di atas, memanfaatkan dan memperluas relasi juga menjadi salah satu trik yang bisa Kamu coba untuk memasarkan produk dan usaha yang Kamu kembangkan. Keluarga, kerabat dan teman dekat bisa menjadi sarana yang ampuh untuk mempromosikan usaha yang mulai Kamu rintis dari sekarang.

Dengan membangun komunikasi dan hubungan yang baik bersama orang-orang di sekitar Kamu, maka pemasaran usaha akan semakin mudah dilakukan. Informasi dari mulut ke mulut melalui perbincangan yang hangat bisa membuat usaha Kamu semakin dikenal dan juga diperhitungkan.

Bahkan bukan tidak mungkin semua keluarga dan kerabat menjadi pelanggan setia yang langganan membeli atau memesan produk dan usaha yang Kamu kelola. Karena itulah seorang wirausaha harus pandai menjalin hubungan yang baik dengan semua orang sehingga target pemasaran atas usaha yang dikembangkan dapat terealisasi dan tercapai sesuai keinginan.

Harus diakui bahwa beberapa strategi pemasaran di atas sangatlah ampuh untuk meningkatkan potensi usaha yang tengah Kamu kembangkan saat ini. Beberapa teknik tersebut juga memberikan banyak keuntungan terhadap usaha yang sedang dirintis, antara lain:

  • Usaha semakin dikenal oleh banyak orang.
  • Potensi dan peluang usaha kian terbuka lebar.
  • Angka penjualan semakin meningkat.
  • Reputasi usaha semakin terbentuk dan dipercaya.
  • UKM yang dikelola dapat berkembang pesat.

Hal tersebut membuktikan bahwa strategi yang Kamu terapkan dalam usaha sangatlah berpengaruh besar terhadap hasil yang Kamu dapatkan nantinya. Dengan mengembangkan, memasarkan dan mengelola usaha secara maksimal, otomatis hasilnya pun akan terasa sangat menjanjikan.

Profit yang terus meningkat dapat Kamu peroleh dari waktu ke waktu sesuai rencana. Dengan begitu, modal UKM yang terbilang kecil bukanlah halangan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan jika semua perjalanan usaha dilakoni dengan optimal terutama dari segi pemasaran yang Kamu terapkan.

Itulah beberapa strategi efektif yang harus Kamu coba dalam menekuni Usaha Kecil Menengah dengan segala macam keterbatasan modal yang Kamu punya. Dengan menerapkan strategi yang tepat dan juga maksimal, maka target usaha Kamu bisa terealisasikan dengan mudah.

Nah, jadi mulai sekarang janganlah ragu untuk terapkan strategi pemasaran yang tepat karena efek dan pengaruhnya sangatlah besar terhadap masa depan dan hasil usaha yang Kamu dapatkan!

Comments

Popular Posts