Usaha Kecil Tas Hasil Daur Ulang Limbah Alumunium





Usaha Kecil Tas Hasil Daur Ulang Limbah Alumunium

Memiliki penampilan yang cantik, ternyata tidak harus selalu dengan menggunakan barang-barang yang mahal ataupun sulit untuk didapatkan. Setidaknya inilah yang saya rasakan ketika tiba-tiba ada seorang rekan yang meminta bantuan untuk membuat kerajinan tangan dari bahan limbah yang sepertinya jarang pernah saya dengar. Limbah alumunium, itulah bahan yang hendak di daur ulang.

Mendengar nama bahan tersebut dalam pikiran saya yang terbayang adalah bahan-bahan alumunium dari perkakas yang tidak terpakai seperti panci atau wajan. Tapi ternyata yang dimaksud adalah limbah alumunium foil.

Limbah ini sering juga disebut sebagai kertas alumunium dimana biasanya berfungsi untuk membungkus barang-barang pabrik. Ketika barang yang dibungkus oleh kertas tersebut diambil untuk digunakan, tentu akhirnya kertas alumunium pembungkus tersebut tidak digunakan alias bisa dibuang.

Mengingat bahan kertas ini termasuk salah satu limbah yang sulit terurai secara alami, maka teman saya tersebut berinisiatif untuk mendaur ulangnya menjadi kerajinan tas yang bisa dijadikan sebagai aksesoris penampilan agar lebih cantik.

Untuk kali ini, saya akan coba untuk memberikan sedikit langkah-langkah untuk membuat sebuah tas cantik seukuran dengan shopping bag dengan bahan dari limbah alumunium yang sudah tidak terpakai. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

Tahap persiapan bahan serta alat yang dibutuhkan

Untuk bahan yang pertama paling dibutuhkan, tentu saja alumunium foil alias kertas alumunium dengan ukuran sekitar 40 cm x 7 cm kurang lebih sebanyak 30 lembar. Kalau kebetulan ada kertas yang melebih ukuran tersebut bisa dipotong sesuai ukuran tentunya. Bahan lain yang diperlukan seperti:

·         Kain furing sebagai pelapis dalam tas sekitar 1 meter,
·         Paku keling ukuran kecil 4 buah saja,
·         Tali alumunium foil dengan panjang sesuai selera sebanyak 2 lilitan,
·         Pita dengan motif dan warna bebas kurang lebih 2 meter.

Adapun untuk membuat kerajinan ini, saya mempersiapkan alat-alat sebagai berikut:

·         Gunting yang tajam,
·         Mesin jahit bisa yang manual atau elektrik,
·         Palu serta tang,
·         Lem,
·         Kertas karton (bisa juga kertas lain yang bertekstur kaku) untuk pola,
·         Spidol hitam.

Tahap Pembuatan

Setelah semua bahan siap, tiba waktunya kini kita mulai untuk membuat kerajinan tangan dari tas limbah alumunium foil tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1.       Pertama-tama satukan helaian-helaian dari kertas alumunium yang sudah dipotong tadi hingga membentuk sebuah lembaran dengan ukuran sesuai yang diinginkan,
2.       Setelah jadi, letakkan kain furing diatas lembaran tersebut,
3.       Kemudian gambarlah sebuah pola shopping bag pada kertas karton sesuai dengan besar ukuran lembaran tersebut,
4.       Letakkan gambar pola diatas kain furing dan juga lembaran tersebut, setelah itu guntinglah semua bahan tersebut sesuai dengan pola yang telah dibuat,
5.       Setelah jadi sebuah bentuk shopping bag pada setiap bahan, kemudian jahitlah kain furing dengan lembaran alumunium foil pada bagian pinggirnya agar keduanya melekat/menyatu,
6.       Begitu melekat kuat, tiba waktunya untuk menyambungkan setiap sisi-sisi dari gambar tersebut, sehingga bisa terbentuk sebuah kotak tas. Untuk menyambungkannya bisa juga dengan dijahit,
7.       Agar terlihat indah, pasang pita disekeliling tas tersebut sesuai selera menggunakan lem,
8.       Pasang paku keling di bagian atas tas, masing-masing sisi 2 buah paku. Untuk caranya, pukul dengan palu paku tersebut dengan beralaskan permukaan yang keras, sehingga terbentuk sebuah lubang kecil,
9.       Masukkan tali yang sudah disiapkan pada lubang (dari paku keling) tersebut dan buat simpul pada setiap ujungnya agar tidak mudah lepas, dan tas pun siap digunakan.

Comments

Popular Posts