Pengalaman pribadi untuk menekuni bisnis online


Bisnis online menjadi trend yang tidak bisa dicegah keberadaannya, dimana semakin kedepan semakin lebar peluang untuk dapat kita ambil sebagai penghasilan baik tambahan maupun jadi penghasilan utama.

Disini saya akan cerita  pengalaman pribadi bisnis online yang pernah saya lakukan mulai dari 2009

Tahun 2009 adalah tahun pertama saya memulai bisnis online dengan bermodalkan bisa online mulai dari email, facebook dan juga blogger yg intinya semuanya gratis... ya saya mencari jalan untuk dapat menghasilkan tanpa modal uang dengan mengikuti program..

1. PTC = mendapat bayaran dengan kita melihat iklan2 yg tersedia
2. PPC dengan Blogging = Menulis dan menulis dengan mengharap pengunjung mengklik iklan dan menerima tawaran pengiklan
3. Affiliasi = Mempromosikan produk digital berupa ebook ataupun software

Semuanya saya lakukan bersama sehingga bingung sendiri ketika ada masalah masalah ditengah jalan, yg berahir dengan hasil NOL besar.. iyaa... tanpa hasil materi tp hanya menghasilkan pengalaman untuk dapat ambil langkah berikutnya...

Apa kesalahan utama yg saya lakukan....

Melakukan 3 macam bisnis online secara bersamaan sehingga tidak adanya fokus dan juga pelajaran yg detail dari masing masing macam bisnis online...

Pada tahun 2012 dengan pengalaman pahit sebelum sebelumnya saya putuskan untuk ambil salah satu yaitu pada blogging yaitu menulis dan menulis... yg saya gunakan platform blogger milik google. Akhirnya pada pertengahan 2012 barulah saya terima hasil/gaji pertama dari google adsense.

Gajian pertama membuat tambah semangat untuk berkreasi dalam menulis dan menulis... dan lanjut sampai tahun 2014 mulailah mengulang dengan dasar pengalaman pahit diawal awal yaitu untuk kembali mencoba bisnis affiliasi yang dipadukan dengan pengalaman blogging.

Dan Alhamdulillah dengan memilih program affiliasi lokal tepatnya Program Afiliasi Layanan Hosting akhirnya bisa menjadi tambahan penghasilan. Meski belum banyak tetaplah lumayan untuk tambahan penghasilan dan juga pengembangan berikutnya...

Adapun setelah saya analisa hal hal yg membuat tidak maksimal untuk blogging adalah terjebak pada oprek2 desain blog yang ada... jadi banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk masalah oprek2 blog sehingga untuk menulisnya bisa dikatakan kurang... hemm sayang

Selama itu sebenarnya ada keinginan untuk bisa menjual barang sendiri secara online...

Pada Tahun 2014 mulailah saya mencoba untuk menjual barang langsung secara online... dan barang yang ada waktu itu adalah tas wanita...

Tahun 2014 masih rame2nya BBM sehingga penjualan kita coba via bbm, facebook, dan juga marketplace ... hemm setengah tahun barulah bisa jalan usaha tas yg kita jual secara online..

Dan sampai sekarangpun masih tetep menjadi bisnis utama keluarga yaitu menjual tas wanita secara online...

Yups sekilas cerita perjalanan saya dalam menjalani bisnis online ... kita akan lanjut pada posting berikutnya





Comments

Popular Posts